Ternyata Sedekah Juga Bermanfaat untuk Kesehatan?

???????????????????????Islam menganjurkan umatnya untuk bersedekah karena ternyata banyak manfaatnya. Selain rasa bahagia yang ditimbulkan, ternyata ada efek positif untuk kesehatan jika kita memilih untuk menjadi orang dermawan dan suka menolong orang lain.

Berikut 4 manfaat sehat menjadi orang dermawan dan senang bersedekah.

1. Membantu mengurangi stres
Menumpuk-numpuk harta dan menghitung-hitung kekayaan tidak dianjurkan dalam agama. Islam amat menganjurkan umatnya berderma dari rezeki yang diperolehnya. Perilaku kikir dan tidak mau menyumbangkan sebagian hartanya untuk sesama dapar meningkatkan stres. Setidaknya demikianlah hasil studi terbaru dari Universitas Teknologi Queensland yang diterbitkan dalam PLoS One.

Studi tersebut menemukan bahwa perilaku pelit atau kikir tidak mau berderma, takut harta kekayaannya berkurang, ternyata dapat meningkatkan stres.

2. Membantu menurunkan tekanan darah
Sebuah studi tahun 2006 tentang pengaruh orang yang suka menolong dan sering memberikan motivasi atau dukungan sosial kepada orang yang mereka kenal, akan membantu orang tersebut untuk memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Selain efek kesehatan tersebut, mereka yang suka menolong akan mendapatkan balasan positif yang sama dari lingkungan sosialnya.

3. Meningkatkan rasa bahagia
Mereka yang mendapatkan derma dari seorang dermawan, pasti akan merasa bahagia. Tahukah Anda bahwa sang dermawan yang telah mengeluarkan hartanya juga sama dan mungkin lebih bahagia? Penelitian menemukan otak yang terkait dengan rasa bahagia yang tulus akan lebih aktif. Mood seseorang akan lebih baik saat otaknya aktif dan terhindar dari stres.

4. Membantu memperpanjang usia
Suka menolong orang lain, membantu meringkankan sedikit beban orang lain, meskipun hanya tugas-tugas kecil dan ringan ternyata dapat membantu memperpanjang usia seseorang. Dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Jurnal Kesehatan Umum AS pada 2013 disebutkan bahwa mereka yang aktif membantu menolong orang lain atau meringankan tugas orang lain bisa terlindung dari dampak negatif stres.

Stres merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis seperti jantung dan depresi. Untuk itu disarankan tidak segan menjadi orang yang suka membantu meringankan beban orang lain.

Demikian 4 manfaat positif bersedekah yang sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli. [Sumber: vauzi.com]

Leave a comment